TELO LET DAN TELO KARET

IMG-20161221-WA0008.jpg

Telolet-Telolet, bunyi itu tiba-tiba saja membuat bungah para pengguna jalan. Tak pandang bulu, anak kecil, pemuda-pemudi, dan bahkan orang tua. Demi mendengar kata telolet dari klakson bus mereka berani mengorbankan harga diri dengan berjingkrak-jingkrak dan bersorak OM TELOLET OM TELOLET.

Begitulah mungkin sejarah awal munculnya kata OM TELOLET OM, disejumlah media sosial, baik facebook, whatsapp, telegram, instagram dan lainnya. Begitu sangat membuminya, kata ini menjadi viral dan ngeksis dibelahan dunia. Bahkan sampai-sampai mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama menulis “i think, TELOLET is new waepon from indonesia, OMG” dalam status twitternya.

Begitu membuminnya hingga mendunia. Telolet menjadi perbincangan yang asyik tanpa memandang kelas masyarakat. Di warung kopi, bahkan di ranah obrolan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas pun perbincangan tentang telolet masih menjadi tranding topic

Tak hayal sesuatu yang mencolok dan menyilaukan mata publik ini pun menjadi sasaran empuk bagi agamawan dalam negeri. Hingga kesuudzonannya harus di pusatkan sedemikian rupa dan ditambah bumbu-bumbu otak atik mantuk. Intinya bagi kaum agamawan ini diduga menjadi konspirasi Yahudi.

Sebut saja ustadz Jon. Dalam status facebooknya ia mengatakan “OM adalaha aksara suci untuk Sang Hyang Widhi, Tuhan orang hindu, yang kalau diucapkan lengkap menjadi Om Swastiastu. Sedang TELOLET sinonim dari terompet adalah ciri khas alat ibadah orang Yahudi”. Ini menjadi paradigma baru bagi sebagian kalangan umat beragama islam di Indonesia. Yang memberikan tambahan suasana panas pada situasi tahunan yang memang suasananya mesti dibuat panas (pergolakan debat argumentasi tentang boleh tidaknya mengucapkan selamat natal bagi pemeluk agama kristen).

Terlepas dari pandangan agama diatas. Jika dilihat dari munculnya pertama kali kata OM TELOLET OM yaitu berasal dari vidio-vidio yang di unggah di youtube, instgram, dan facebook. Ia menjadi viral ketika satu orang mengeshare vidio tersebut ke teman-temannya dan menjadikan kata-kata tersebut sebagai kata imbuhan disetiap komen atau kata-kata yang sengaja dibuat status di media sosial.

Hingga kita melihat Zedd, Martin Garrix, Tim White, Oliver Heldens, Showtek, Vinai, Bassjacker, Dillon Francis, The Chainsmoker, DJ Snake, Major Lazer, Nervo ikut-ikutan berkata OM TELOLET OM.

Kembali pada judul tulisan ini yaitu TELO LET DAN TELO KARET. mereka adalah saudara temu jauh. Telo let adalah ungkapan yang kini menjadi viral dan membumbung besar dimata publik dunia, namun jika kita teliti lebih lanjut ungkapan ini menjadi ungkapan yang tiada guna. Hanya membesar saja tetapi tak menyelesaikan persoalan dunia satupun. Sebagaimana Telo karet yang hanya membesar saja tanpa mampu menyelesaikan persoalan perut yang lapar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s