BRIDGE OF SPIES

Image Bridge of Spies

Resensi Film

JALAN CERITA

Saya sangat merekomendasikan untuk menonton film ini bagi siapapun yang ingin mengambil hikmah pelajaran yang menarik dan menginspirasi. Banyak sekali nilai kemanusiaan dan keteguhan menjaga prinsip yang disampaikan di dalamnya. Film yang terinspirasi dari kisah nyata tentang pembebasan seorang mata-mata dari Rusia.

Jalan besar ceritanya ada seorang mata-mata Rusia yang ditangkap oleh pemerintahan Amerika Serikat. Mata-mata itu bernama Rudolf Abel, penangkapan tersebut di muat diberbagai media masa dari mulai Koran hingga televisi, karena pemberitaan tersebut banyak penduduk Amerika Serikat Cemas dan takut jikalau aka ada bom atom jatuh mengenai mereka. Tidak hanya sekedar pemberitaan saja tetapi hegemoni pemerintah terhadap bahaya bom atom yang mungkin saja akan dijatuhkan oleh Rusia terus dilakukan hingga di sekolah diajarkan bagaimana cara menyelamatkan diri atau tindakan awal pasca bom atom meledak. Karena hal tersebut kebencian masyarakat Amerika Serikat terhadap mata-mata Rusia itu sangat besar. Mereka sudah tidak mampu berpikir secara adil lagi, terbukti dari keputusan-keputusan Pengadilan yang menimpa Rudolf Abel tidak diputuskan secara adil.

Setelah muncul berita penangkapan tersebut, Rudolf Abel sebagai terdakwa meminta ada seorang pengacara yang mengurusi kasusnya ini. Dan pengacara itu adalah James Donovan. James Donovan adalah orang yang sangat memegang teguh apa yang diyakininya benar. Keteguhan tersebut terbukti ketika ia diintrogasi oleh pihak CIA. Saya suka pada sesion ini karena perbincangan yang dilakukan oleh James Donovan dengan pihak CIA disalah satu bar sangat menarik. James Donovan disuruh menceritakan apa saja yang ia ketahui terkait Rudolf Abel dan diminta membeberkan seluruh informasi yang ia dapatkan darinya. Namun James Donovan menolak untuk membicarakan hal tersebut dengan argumentasi yang sangat memukau. Akhir pembicaraan tersebut membahas tentang identitas penduduk Amerika Serikat dengan menyangkut konstitusi hukum dasar pemerintah yang telah disepakati bersama-sama.

Dari pihak Militer Amerik serikat tidak diam saja menanggapi persoalan ini. ia mengirikan pilot khusus yang mempunyai jam terbang tinggi untuk diberi tugas mengambil gambar keadaan wilayah negara Rusia. Namu naasnya pesawat yang diterbangkan tersebut diketahui oleh pihak militer Rusia dan kemudian di tembak. Pada akhirnya pesawat jatuh namun si pilot masih bisa menyelamatkan diri dari pesawat tersebut. Tetapi pada akhirnya ia ditangkap oleh pihak militer Rusia. Pilot tersebut bernama Gary Powers

Sebelum itu misi rahasia yang dilakukan oleh pihak militer Amerika Serikat ini, ada sebuah perjanjian kepada pilot-pilot yang ditugaskan menjadi mata-mata Amerika Serikat untuk mengambil gambar keadaan wilayah Rusia. Misi ini sangat rahasia, tidak boleh diceritakan kepada siapapun baik itu kepada pacar, keluarga, istri, atau bahkan kepada Tuhan sekalipun. Jika misi ini sampai gagal dan sang pilot berada jauh dari jangkauan Amerika Serikat untuk menyelamatkannya maka sang pilot diwajibkan untuk menancapkan jarum yang telah ditetesi cairan sianida. Untuk menjaga kerahasiaan informasi yang telah diberikan. Tetapi si pilot yang pesawatnya tertembak tidak melakukan hal tersebut, ia malah membiarkan dirinya ditangkap dan ditahan oleh pemerintah Rusia.

Kemudian berlanjut kepada mata-mata Rusia. Rudolf Abel dijatuhi hukuman 30 tahun dipenjara oleh pengadilan Amerika Serikat, ini lebih menguntungkan dari pada hukuman mati. Namun James Donovan tidak puas dengan keputusan ini, ia meminta banding ke Institusi pengadilan yang lebih tinggi lagi.

Tertangkapnya pilot Gary Powers menguntungkan bagi James Donovan yang membuatnya bisa berpikir untuk melakukan pertukaran pidana, yaitu berarti akan menyerahkan Rudolf Abel kepada pemerintah Rusia dan Gary Powers akan bebas dari jeratan hukum Rusia dan bisa kembali pulang.

Pada saat itu di dekat tembok perbatasan antara Jerman Timur dengan Rusia ada seorang anak muda bernama Frederic L. Pryor di tahan karena masuk melewati tembok menuju daerah Rusia, dengan tujuan untuk menyelamatkan Profesor dan putri yang mengajarnya. Ia di tahan karena dianggap melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Entah bagaimana jalan ceritanya james Donovan tahu dan ia menyepakati sebuah perjanjian untuk menyelamatkan anak muda itu dengan melakukan pertukaran antara Rudolf Abel. Jadi Rudolf Abel ditukar dengan dua tahanan yaitu Gary Powers pilot Amerika Serikat dan Fredic L. Pryor Mahasiswa dari Jerman Timur.

Perjanjian itu sudah disepakati bahwa Rudolf Abel ditukar dengan dua Tahanan, namun ditengah-tengah perjalanan ternyata dari pihak Rusia tidak menyutujui jika pertukaran itu dilkukan dengan dua pidana, Rusia hanya ingin melakukan pertukaran antara sang pilot dangan Rudolf Abel tanpa menyertakan mahasiswa dari jerman tersebut. James Donovan merasa bingung dan merasa ini tidak adil karena kesepakatan awal Rudolf Abel ditukar dengan dua tahanan. Akhirnya James Donovan mengambil keputusan untuk membatalkan pertukaran tahanan tersebut, dan ia bilang kepada pemerintah Rusia yang menangani permasalahan ini bahwa Rudolf Abel adalah orang yang baik dan ia konsisten dengan keputusannya untuk menjaga dan merahasiakan rahasia sebagai mata-mata dari Rusia, ia tak masalah dengan di hukum mati atau di siksa oleh Amerika serikat. Dan sang pilot tidak begitu berharga bagi Amerika serikat karena ia tidak mematuhi komitmen yang telah dibuat sebelumnya yaitu ketika ia ditangkap oleh pemerintah Rusia ia harus membunuh dirinya untuk merahasiakan informasi yang ia dapat.

Akhir cerita pemerintah Rusia setuju dengan pertukaran tersebut, dan Rudolf Abel bisa kembali pulang ke rusia tanpa hukuman 30 tahun di tahanan Amerika Serikat dan sang pilot serta mahasiswa yang ditahan bisa pulang ke kampung halamannnya.

JAMES DONOVAN

James Donovan merupakan tokoh utama dari film ini, seorang konseler asuransi yang diminta menjadi pengacara Rudolf Abel mata-mata dari Rusia. Ia menjalankan tugasnya dengan amat baik. Saya suka ketika ia berdialog dengan salah seorang yang menjadi anggota dalam asuransi tempat James Donovan bekerja. Inti dari pembicaraan tersebut adalah soal ganti rugi terhadap kecelakaan mobil yang beruntun. Argumentasi yang dikeluarkan James Donovan sungguh membuat saya terkesan, analoginya bermain dengan cantik dan elok. Ia seorang yang pemberani. James Donovan mempunyai prinsip memegang teguh apa yang dianggapnya benar. Ia selalu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan diakhir secara elegan serta memuaskan. Inilah yang menyebabkan James Donovan pada akhir episode diminta untuk menangani seluruh kasus negosiasi Amerika Serikat oleh Presiden Kennedy.

RUDOLF ABEL

Beberapa nama yang saya catat diantarana adalah Rudolf Abel, ia berperan sebagai sang mata-mata Rusia. Saya kira perannya sungguh menarik. Ia sangat memegang teguh terhadap apa yang ia yakini benar. Ia tidak mau berhianat kepada negarany. Ketika ditanya bahwa ia akan dibebaskan jika ia mau bekerjasama dengan pemerintahan Amerika dan akan diberi uang serta akan dibebaskan dari tuntutan-tuntutan pengadilan yang dituduhkan kepadanya dengan syarat mau bekerja sama sebagai mata-mata Amerika untuk menghianati negaraya. Rudolf Abel tidak setuju penawaran tersebut, ia bersikap konsisten tidak akan menghianati negaranya apapun resiko yang akan dihadapinya. Rudolf Abel tidak mau di suap atau dibebaskan meskipun ia akan dan siksaan bahkan akan diancam dibunuh. Saya suka sifat keteguhan tersebut. Rudolf Abel mempunyai hobi melukis, diawal pemutaran film ada penggambaran Rudolf Abel sedang melukis wajahnya diapartemen ia tinggal. Pada sesi-sesi terakhir film, Rudolf Abel memberi hadiah berupa lukisan kepada James Donovan karena keteguhannya memegang prinsip dan sifat kemanusiannya yang begitu besar.

Iklan

3 thoughts on “BRIDGE OF SPIES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s