SOSOK DIBALIK PIONER

150318_catur-998056-idcms

Maju, melangkah, melawati, bergerak secara unik, dan kunci dari kemenangan. Strategi dalam menentukan langkah akan menentukan presentase menang atau kalah. Seorang pemain haruslah mengetahui apa yang di mainkan, seorang pemain catur haruslah tahu langkah langkah dari setiap buah pion dalam permainan catur. Itulah langkah pertama dalam belajar bermain catur.

Di sini mencoba adalah hal yang utama di segala  “laku” entah itu permainan atau belajar atau bekerja.

Belajar dari seorang pemainan catur akan menjadikan kita mengetahui bagaimana langkah dalam memimpin organisasi yang memiliki tujuan tertentu. Kalau dalam catur tujuannya adalah memenangkan permainan dengan cara me “nyekak max” raja. Soal bagaimana caranya itu masuk dalam strategi, setrategi boleh berbeda boleh tidak sama, namun tujuan akhirnya haruslah membuat sekak sang raja sampai tidak bisa bergerak.

Artinya dalam suatu tujuan kita tidak boleh terfokus pada satu cara yang umum yang kebanyakan dilakukan oleh orang banyak. Namun cobalah bebas melangkah seperti permainan catur.

Setiap permainan catur, satu kali permainan pasti berbeda dengan permainan yang lain, langkah permainan satu kayak begini yang satunya kayak begitu. Kesamaan langkah antara satu permainan dengan permainan lain hampir mustahil terjadi kesamaan karena menentukan langkah bukanlah berdasarkan meniru setiap langkah seorang yang kemarin telah memenangkan permainan. Namun berdasarkan strategi, berdasarkan situasi dan kondisi.

Begitulah sedikit ilmu dari permainan catur. Strategi dan mengetahui situasi kondisi serta kemampuan diri adalah penting untuk mencapai tujuan baik pribadi maupun organisasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s